PERKEMBANGAN TIK DI INDONESIA
Perkembangan Tik Di Indonesia — Presentation
Transcript
- 1. SEJARAH PERKEMBANGAN TIK
DI INDONESIA
DISUSUN OLEH : ANTONI LAMINI SRI HANDAJANI SRI REJEKI D.A LIS SUWARNI
LANGGENG SUPRANTORO
- 2. PENDAHULUAN Teknologi
Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data,
termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data
dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu
informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk
keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan
- 3. PERKEMBANGAN BUDAYA
KOMUNIKASI PRA-BICARA / ISYARAT BICARA / BAHASA LISAN BAHASA TULISAN &
VISUAL CETAKAN (buku, foto dll.) MEDIA ELEKTRONIK & ELEKTROMAGNETIK
(telepon, kaset, video dll.) MEDIA KOMUNIKASI MASSA (radio, televisi dll.)
MEDIA TELEKOMUNIKASI ( + satelit) SINERGI MEDIA ( dikutif dari :
miarso,yusuf hadi ,2008 ,materi kuliah TIK )
- 4. MASALAH YANG DIHADAPI PADA AWAL KEMERDEKAAN Sangat terbatasnya
kesempatan memperoleh pendidikan Rendahnya kualitas guru Tersendatnya
program pendidikan karena perang kemerdekaan Terbatasnya sarana dan
prasarana komunikasi dan transportasi
- 5. EVOLUSI EKONOMI GLOBAL
Ekonomi Agraris, sampai dua ratus tahun yang lalu ekonomi dunia bersifat
agraris dimana salah satu ciri utamanya adalah tanah merupakan faktor
produksi yang paling dominant. Ekonomi Industri , sesudah terjadi revolusi
industri, dengan ditemukannya mesin uap, ekonomi global ber-evolusi ke
arah ekonomi industri dengan ciri utamanya adalah modal sebagai faktor
produksi yang paling penting. Ekonomi Informasi, saat ini, manusia
cenderung menduduki tempat sentral dalam proses produksi, karena tahap
ekonomi yang sedang kita masuki ini berdasar pada pengetahuan (knowledge
based) dan berfokus pada informasi (information focused).
- 6. PERKEMBANGAN, IMPLIKASI,
DAN PEMANFAATAN TI DAN TK DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA PERKEMBANGAN TI
DAN TK DI INDONESIA Teknologi Siaran Sejak PELITA I teknologi berupa
siaran radio dan televisi telah diprogramkan Teknologi ini terus
berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang kemudian berkembang
dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi siaran lokal. “
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan
dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih
terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995)
- 7. DAMPAK PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI KOMUNIKASI MODERN BERKEMBANGNYA BUDAYA KONSUMTIF MARAKNYA GEJALA
HEDONISTIK PERUBAHAN ETIKA, MORAL, SIKAP MENTAL MERENGGANGNYA IKATAN
SOSIAL & KEKERABATAN BANJIRNYA INFORMASI TUMBUHNYA “IMPERIALISME” BARU
- 8. POTENSI UNTUK PENDIDIKAN
PERLUASAN KESEMPATAN BELAJAR PENYAJIAN PROGRAM BERMUTU PERLUASAN CAKRAWALA
MEMPERPENDEK JARAK & WAKTU MERANGSANG PROSES BERPIKIR PENDAYAGUNAAN
ANEKA SUMBER TUMBUHNYA PROFESI BARU MELUASNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DLL.
- 9. KENDALA DAN HAMBATAN
TIDAK ADANYA KEBIJAKAN YANG JELAS KURANGNYA DUKUNGAN DARI BERBAGAI PIHAK
KEENGGANAN MENERIMA INOVASI KETIADAAN PEMBIAYAAN KURANGNYA KOMPETENSI SDM
KESULITAN PENJADWALAN DLL.
- 10. KESIMPULAN Sejak tahun
1976, Indonesia telah memasuki era indormasi modern dengan beroperasinya
SKSD PALAPA I. Di era informasi ini, TI dan TK memegang peranan sebagai
teknologi kunci (enabler technology). Perkembangan TI dan TK dapat
meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan
dengan cepat, tepat dan akurat, termasuk dalam dunia pendidikan. Dengan
perkembangan TI dan TK yang sangat pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun
tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi dengan segala dampak
positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia.
- 11. KESIMPULAN Perkembangan
TI dan TK memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang
berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti
penggunaan e-learning, e-library, e-education, e-mail, e-laboratory, dan
lainnya. Seperti ramalan dan pandangan para cendikiawan tentang pendidikan
di masa depan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa
mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam,
multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga”
dan kompetitif. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi
informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa
saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam
dunianya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar